Aktivasi Rekening BSU Guru Honorer Diperpanjang

1 min read

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memperpanjang aktivasi rekening bantuan untuk guru honorer 2021 atau BSU Guru Honorer di info.gtk.kemdikbud.go.id. Peserta bisa melakukan aktivasi rekening di info.gtk.kemdikbud.go.id
Menurut Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Kapuslapdik), Abdul Kahar keputusan memperpanjang BSU Guru Honorer untuk mengoptimalkan bantuan kepada para penerima. Terlebih di pandemi COVID-19, sehingga bisa dimanfaatkan oleh para penerima.

“Jadi, penerima BSU 2020 yang sampai saat ini belum mengaktivasi atau mencairkan dananya, masih dapat melakukan aktivasi rekeningnya paling lambat tanggal 31 Juli 2021,” ungkap Abdul dikutip dari laman Kemdikbud, Jumat (9/7/2021).

Lebih lanjut, Abdul menjelaskan cara aktivasi rekening cukup mudah. Peserta subsidi upah guru honorer hanya perlu ke financial institution dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM). Nantinya, uang bisa dicairkan semua atau disimpan sebagian di rekening.

“Caranya sangat mudah, rekeningnya sudah kami bantu buatkan, tinggal datang ke financial institution dengan membawa KTP dan SPTJM. Uangnya bisa diambil langsung semua, atau tetap disimpan di rekening, silakan saja. Segera dicek dan dicetak buku tabungannya,” imbuh dia.

Kemudian, untuk mencairkan uang BSU Guru Honorer ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan. Kata Abdul, peserta harus membawa KTP, Nomor NPWP jika ada. Peserta juga diminta membawa surat keputusan penerima BSU yang formatnya bisa diunduh di info.gtk.kemdikbud.go.id.

Selain itu, menyiapkan SPTJM yang telah diberi materai dan ditandatangani. Terakhir, penerima bantuan untuk guru honorer 2021 hanya perlu datang langsung ke financial institution penyalur dan melakukan aktivasi rekening untuk pencairan dana.

Cara Cairkan BSU Guru Honorer 2021 di info.gtk.kemdikbud.go.id

-Buka aplikasi https://info.gtk.kemdikbud.go.id atau https://bsudikti.kemdikbud.go.id

-Unduh dan cetak SPTJM

-Datang ke financial institution dengan kelengkapan dokumen dan aktifkan buku tabungan, serta cairkan BSU

sumber:detik.com/edu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *