Kenali 6 Tanda Smartphone Android Terkena Virus Terbaru 2021

2 min read

Kenali 6 Smartphone Android Terkena Virus – Kali ini saya akan membahas tentang Tanda-tanda hp kena virus agar kita lebih waspada, karena virus ini akan bekerja dengan cepat membuat ponsel menjadi lambat maupun cepat panas.

Smartphone merupakan sebuah alat komunikasi yang hingga saat ini terus berkembang atau berevolusi dengan sedemikian canggihnya. Secara fungsinya bahkan mampu menyamakan dengan komputer. Hanya saja ponsel dibekali dengan layar yang kecil yang rata rata 6 inci saja.

Sebelum kita mengenali tanda tandanya, Perlu anda ketahui bahwa smartphone memang memiliki komponen dan nama nama yang sama dengan komputer. Hanya saja pada ponsel tidak dibekali dengan hardisk. Baik !! ,mari kita sebutkan beberapa komponen yang memiliki nama yang sama antara komputer dan android yakni RAM (Random Acces Memory) kemudian CPU, OS (Operating system).

Nah, dalam hal ini pada komputer biasanya menggunakan sistem oprasi Linux atau windows ,Sedangkan smartphone menggunakan sistem operasi Android.atau IOS. Disinilah kita akan masuk tentang pembahasan virus, dimana sistem operasi pada komputer biasanya disusupi dengan virus.

Begitupun dengan android yang saat ini cukup banyak virus hp android yang berkembang yang mampu membuat kacau ponsel anda. Ciri ciri smartphone kena virus biasanya cepat panas,sering lag dan lain sebagainya. Nah, pada artikel kali ini saya membahasnya mengenai tanda-tanda smartphone android terkena virus.

Kenali 6 Tanda Smartphone Android Terkena Virus

Terkadang kita hanya menggunakan saja tanpa kita sadari kadang ponsel menjadi lemot, sering lag bahkan  terdapat sebuah masalah yang bernama vbbootloop.

Hal ini bukan begitu saja terjadi namun bisa saja merupakan indikasi kena virus,saya adalah pengguna ponsel xiaomi dan sebelum mengetahuinya saya bingung dengan ciri ciri smartphone xiaomi terkena virus setelah saya tau saat ini saya coba berbagi tentang tandanya.

Apakah Android Bisa Terkena Virus?

Tentu saja bisa karena sistem operasi merupakan sebuah script pemrograman yang mungkin saja sedemikian rupa dapat disusupi oleh malware atau virus yang dapat merugikan.

Pada dasarnya virus merupakan bukan sebuah makhluk biologis yakni sebuah script pemrograman yang mengarah pada sebuah pengrusakan atau perintah lainya yang disesuaikan dengan keinginan pembuatnya. Berikut ini adalah beberapa tanda android yang terkena Virus wajib untuk Anda ketahui, antara lain :

  1. Menjadi lambat, karena smartphone yang anda gunakan menjadi tidak sehat dan dipaksakan untuk melakukan aktifitas yang tanpa kita ketahui seperti melakukan ping ke server sesuai dengan si pembuatnya.
  2. Sering muncul iklan popup biasanya tiba tiba muncul begitu saja dan menutupi layar, biasanya berisi dengan gambar tidak layak konsumsi anak anak.
  3. Android cepat panas, karena sistem pada smartphone anda sudah disusupi script yang melakukan pekerjaan tanpa diketahui oleh pengguna.
  4. Ciri ciri berikutnya seperti terdapat folder shortcut yang bermunculan namun tidak bisa dihapus, bahkan jika dapat dihapus maka mucul kembali namun file tersebut tidak dapat dibuka.
  5. Memori atau media penyimpanan penuh padahal secara visual file di dalamnya sedikit.
  6. Perangkat cepat panas dan boros baterainya dan penggunaan paket data yang boros meskipun tidak kita gunakan.

Itulah tandanya kena virus yang paling mudah kita analisa, untuk itu jika ponsel kita merasa mengalami beberapa tanda abnormal seperti diatas maka sebaiknya segera lakukan perbaikan.

Paham bukan beberapa tanda di atas,kemudian mungkin ada akan berpikir bagaimana cara agar tidak kena virus. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari masalah virusnya, sebagai berikut :

  1. Tidak menginstall aplikasi bajakan, seperti yang kita ketahui tempat download aplikasi yang resmi adalah playstore maka sebaiknya anda tidak download apk ke tempat lain.
  2. Cek virus dan proteksi menggunakan anti virus namuin tidak dianjurkan menginstall lebih dari dua dalam satu hp karena semakin banyak aplikasi akan berdampak pada kinerja. Dalam penggunaan anti virus pastikan menggunakan aplikasi yang update karena jika tidak update virus akan mudah masuk menyerang.
  3. Tidak download dan mengunjungi situs yang memiliki potensi virus mengendap, biasanya tempat download yang gak jelas dan menyisipi scrpt yang membuat error.
  4. Tidak terhubung dengan internet ,ini dia yang paling berat namun menjadi salah satu opsi paling mantap menghindari tidak kena virus yakni dengan cara tidak konek internet. Virus hp android akan menginfeksi salah satunya adalah dengan cara penyebarannya via internet.
  5. Tidak menghubungkan transfer file dari komputer warnet, warnet ini area yang cukup banyak menjadi sarang virus karena pengguna yang sembarangan mentang mentang bukan komputer sendiri.

Itulah beberapa tanda smartphone kena virus dan trik sederhana nya untuk menghindari agar tidak terinfeksi karena jika terkena virus malware itu sangat menyebalkan itulah yang harus menjadi garis besar yang perlu diwaspadai.

Smartphone yang kena virus biasanya lemot,jika memang demikian maka segera lakukan penanganan yang supaya tidak menyebabkan masalah besar. Demikian artikes di Dunia-ilmu.com tentang ciri-ciri hp yang kena virus semoga bermanfaat trik sederhana.

Kesulitan Tidak Bisa Scan Barcode PeduliLindungi? Ini 5 Cara…

Aplikasi PeduliLindungi kini menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki, apabila masyarakat ingin menikmati sarana publik, seperti melakukan perjalanan seluruh moda transportasi (darat, laut,...
admin
1 min read

5 Aplikasi Nada Dering Mobile Legend, Bikin Nada Dering…

Siapa yang tidak tahu recreation Mobile Legend? Game ini sempat populer saat awal dirilis, dan sampai kini pun masih banyak yang memainkan nya. Terdapat...
admin
1 min read

Ini Dia 5 Aplikasi Pencari Jodoh Indonesia Dijamin Real

Status jomblo seringkali menjadi masalah bagi banyak orang, terutama kaum laki-laki yang sering dilanda kesepian. Terlebih lagi jika usia sudah matang dan banyak teman-teman...
admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *