Cara Membuat Bootable Installer Flashdisk Windows 11

2 min read

Cara Membuat Bootable Installer Flasdisk – Berbicara mengenai windows terbaru sebelumnya kami telah membuat sebuah rangkuman artikel terkait panduan lengkap Cara Install Windows 11 melalui komputer dan laptop, tetapi banyak sekali permintaan dari teman-teman sekalian untuk membuatkan tutorial bagaimana cara membuat bootable installer untuk flasdisk pada Windows.

Seperti yang kita ketahui Flashdisk atau USB bisa dijadikan sebagai bootable media dalam melakukan instalasi windows loh. Bootable dapat diartikan sebagai melakukan proses booting dengan memuat semua file yang terdapat didalam flashdisk atau sama halnya file didalamnya bisa kita lakukan untuk install Windows 11. Banyak pilihan yang bisa Anda gunakan dalam membuat sebuah Bootable Installer loh, contohnya seperti Flashdisk, DVD ataupun Harddisk External yang bisa untuk Anda gunakan.

Cara Membuat Bootable Installer Flashdisk

Sesuai dengan judul artikel kali ini, disini saya akan memberikan sebuah tutorial lengkap tentang bagaimana cara membuat sebuah Bootable Installer Flashdisk pada Windows 11 dalam hal ini terdapat dua cara yang bisa digunakan yaitu dengan menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi, Anda bisa menyesuaikan sendirinya.

Sebelum kita memasuki inti dari pembahasan tersebut, sebelumnya saya akan memberikan beberapa informasi terkait apa-apa saja yang harus disiapkan untuk membuat sebuah bootable installer. Karena pada dasarnya sebelum melakukan sesuatu kita harus menyiapkan terlebih dahulu apa saja yang harus disiapkan, antara lain :

Persiapan Membuat Bootable Installer

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus disiapkan dalam membuat sebuat Bootable Installer yaitu sebuah flashdisk dengan spesifikasinya, sebagai berikut :

  • Kapastias Flashdisk minimal 8GB
  • Usahakan tidak ada file-file di dalamnya. Apabila ada, silahkan backup terlebih dahulu ke tempat lain
  • Flashdisk harus dalam keadaan normal

Selain beberapa spesifikasi diatas, hal yang harus Anda siapkan terlebih dahulu yaitu sebuah file ISO Windows 11 yang nantinya file tersebut akan dijadikan sebuah Instaler. Apabila belum punya filenya silahkan download terlebih dahulu melalui situs Microsoft atau melalui link yang sudah saya sediakan pada artikel sebelumnya.

Cara Membuat Bootable Installer Windows 11 Dengan Rufus

Setelah kamu mengetahui beberapa persiapan yang harus kamu sediakan, kita masuk pada inti pembahasan utama kali ini tentang bagaimana Cara Membuat Bootable Installer Windows 11 dengan menggunakan sebuah aplikasi tambahan yaitu aplikasi Rufus, antara lain :

  1. Pertama download terlebih dahulu Aplikasi Rufus dan ISO Windows 11 Original.
  2. Setelah itu masukan Flashdisk dan jalankan aplikasi rufus.
  3. Pastikan Flashdisk yang anda masukan telah terdeteksi dan terbaca pada opsi Device seperti gambar dibawah ini.

    Cara Membuat Bootable Installer

  4. Pada opsi Partition Scheme and target system type Pilih GTP Partition scheme for UEFI.
  5. Kemudian pada opsi bagian File System dan Cluster Size biarkan opsi Default. Setelah itu pada opsi New Volume Label Anda bisa ubah sesuka hati.
  6. Klik pada ikon CD/DVD Drive untuk mencari dan memasukan direktori letak file ISO Windows 10. Apabila sudah, pada bagian bawah akan muncul nama file ISO-nya.

    Cara Membuat Bootable Windows

  7. Terakhir, Klick Start dan tunggu proses sampai selesai dan Flashdisk telah siap untuk digunakan.

Apabila anda ingin melakukan upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 maka secara langsung akan menggunakan File ISO Windows 11 atau pada saat proses install muncul tulisan error seperti The PC Must Support TPM 2.0. Nah, untuk cara mengatasinya yaitu dengan mereplace file appraiserres.dll yang berada di folder Sources menggunakan file appraiserres.dll Replacer. Copy File appraiserres.dll dan .DS_Store dan paste (Replace) ke Folder Sources.

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi yang bisa saya berikan selaku admin di Dunia-Ilmu.com terkait artikel tentang bagaimana Cara Membuat Bootable Installer Flashdisk Windows 11 Terbaru 2021 dengan menggunakan Flashdisk. DVD atau Harddisk Eksternal melalui Laptop dan PC dengan mudah. Apabila anda ingin menggunakan Win 11 sangat dianjurkan untuk membuat Bootable Installer Windowsnya terlebih dahulu agar proses berjalan dengan lancar.

Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman sekalian dalam mengumpulkan penghasilan melalui aplikasi android, lebih dan kurang saya mohon maaf dan apabila kamu memiliki kendala terkait artikel diatas silahkan komen melalui form komentar dibawah artikel ini sekian dan terima kasih.

Cara Mengatasi This PC Can’t Run di Windows 11

Cara Mengatasi This PC Can’t Run di Windows – Belum lama ini telah banyak beredar informasi mengenai kapan rilisnya sistem operasi windows versi terbaru...
admin
2 min read

[Panduan Lengkap] Cara Install Windows 11 Terbaru 2021

Cara Install Windows 11 Terbaru – Belum lama ini telah terdengar sebuah kabar dari perusahaan yang bernama Microsoft yang akan mengumumkan sebuah pemberitahuan terkait...
admin
2 min read

One Reply to “Cara Membuat Bootable Installer Flashdisk Windows 11”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *