Apa Sebenarnya Perbedaan Web Hosting dan Domain? Simak Disini!

2 min read

Apa Sebenarnya Perbedaan Web Hosting dan Domain – Dalam suatu website, terdapat dua hal yang saling berkaitan dan paling esensial yakni hosting dan domain. Karena hubungan dari kedua hal tersebut begitu erat, tidak jarang pengguna masih kesulitan bahkan belum paham apa perbedaan web hosting dan domain yang sebenarnya.

Hosting dan domain dapat dibedakan menggunakan analogi rumah, Anda pasti membutuhkan alamat dari lokasi suatu tempat sebelum mengunjunginya, bukan? Nah, hosting dapat diibaratkan sebagai rumah (wadah untuk sebuah website) sementara domain merupakan alamat untuk menuju rumah tersebut.

Perbedaan Web Hosting dan Domain

Agar Anda dapat memahami dengan seksama, di bawah ini akan dijelaskan perbedaan web hosting dan domain satu persatu. Simak sampai tuntas ya.

Apa Itu Domain ?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, secara gampangnya domain bisa dikatakan sebagai alamat dari suatu bangunan atau rumah, sehingga dapat diartikan dalam arti sebenarnya adalah nama atau alamat website Anda. Pengguna internet harus memasukkan alamat domain agar bisa mengakses suatu website.

Oleh karena itu, memilih suatu nama domain tidak dapat dilakukan secara asal-asalan, terlebih untuk binis, brand ataupun perusahaan tertentu. Mudah atau sulitnya website diakses tergantung dari nama domain yang dipilih. Domain dengan nama yang singkat, unik, mudah ditulis dan mudah diingat adalah karakteristik domain yang sempurna.

Selanjutnya, apa itu IP address? Internet Protocol Address berupa deretan angka yang cukup kompleks dan menjadikannya sulit dihafalkan. Pada dasarnya, untuk mengakses suatu website harus menginput IP Address, akan tetapi setelah adanya domain, hal tersebut sudah jarang bahkan tidak pernah digunakan lagi.

Setiap komputer dalam jaringan internet memiliki hubungan (saling terhubung) antar satu dengan yang lainnya, dan menggunakan IP Address sebagai identitas personal tiap komputer. Alamat IP inilah yang menunjukkan letak server di mana tempat file website Anda disimpan.

Kesimpulannya, domain berfungsi juga sebagai pengganti IP Address, sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses suatu website.

Domain itu sendiri terdiri dari dua jenis, yakni Domain ccTLD (domain id) dan Domain gTLD (domain global).

Domain gTLD merupakan domain global serta tidak mempunyai syarat apapun atau dengan kata lain adalah dapat digunakan secara umum atau global. Secara teknis, pengguan domain jenis ini akan memiliki saingan yang cukup banyak. Ya, hal ini diketahui karena penggunanya yang sangat banyak pula. Contoh dari domain ini adalah .net, .com, .org dan lain sebagainya.

Sementara domain ccTLD merupakan domain yang digunakan negara Indonesia. Berbeda dengan jenis domain sebelumnya, Domain jenis ini telah diatur oleh PANDI dan telah memiliki syarat atau aturan khusus yang telah ditentukan. Contoh dari domain ccTLD yakni .co.id, .id. my.id dan lain sebagainya.

Setiap pengguna yang membeli domain akan bebas menentukan nama yang diinginkannya. Namun satu pengguna hanya diperbolehkan memiliki satu nama domain, begitu juga sebaliknya satu domain hanya dapat digunakan oleh satu pengguna. Meski begitu, tidak semua nama domain yang Anda inginkan tersedia, jadi pastikan terlebih dahulu nama domain yang Anda inginkan masih available dan belum digunakan oleh pihak lain.

Apa Itu Web Hosting ?

Jika domain adalah alamat suatu rumah atau bangunan, maka hosting adalah tanah atau tempat suatu rumah atau bangunan itu diletakkan. Jadi, jika Anda hanya mempunyai domain namun tidak hosting, maka sama saja dengan Anda memiliki alamat tapi tanpa rumahnya.

Web Hosting memiliki fungsi sebagai media atau lahan pengguna untuk menyimpan semua jenis file yang ada pada suatu website. Hal ini bertujuan supaya website Anda dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, di manapun dan kapanpun.

Wajib tahu : Tempat recomended beli hosting

Tidak hanya sampai di situ semua file yang terdapat pada website nantinya harus disimpan dalam suatu server hosting. Agar website Anda dapat diakses kapanpun selama 24 jam, maka server tersebut tentu saja harus full selama 24 jam pula. Apabila server mengalami kendala atau down, maka hal ini berdampak pada website yang tidak dapat diakses.

Oleh karena itu, And abukan hanya harus memilih nama domain yang tepat, namun menggunakan hosting terbaik juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya. Pilihlah penyedia layanan hosting yang terbaik, terpercaya, berkualitas dan memiliki garansi full uptime.

Setelah Anda memiliki hosting, maka secara otomatis juga akan mendapatkan akses cPanel Hosting. cPanel Hosting merupakan kontrol panel yang nantikan akan digunakan untuk melakukan pengelolaan domain dan hosting yang meliputi melalukan hosting web, domain forwarding, membuat subdomain, mengelola SSL, mengatur kapasitas hosting, membuat email hosting dan lain sebagainya.

Perbedaan web hosting dan domain sebenarnya cukup mudah dipahami melalui analogi rumah dan alamatnya. Meski begitu, tidak semua orang mengerti betul apa itu web hosting dan domain. Ya, hal tersebut juga disebabkan tidak semua orang memiliki website dan tentu juga domain.

Ini Dia 5 Aplikasi Pencari Jodoh Indonesia Dijamin Real

Status jomblo seringkali menjadi masalah bagi banyak orang, terutama kaum laki-laki yang sering dilanda kesepian. Terlebih lagi jika usia sudah matang dan banyak teman-teman...
admin
1 min read

[Panduan Lengkap] Cara Install Windows 11 Terbaru 2021

Cara Install Windows 11 Terbaru – Belum lama ini telah terdengar sebuah kabar dari perusahaan yang bernama Microsoft yang akan mengumumkan sebuah pemberitahuan terkait...
admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *