Cara Daftar UMKM Online 2021, Untuk Dapat BLT Rp1,2 Juta

2 min read

Cara Daftar UMKM Online 2021 – Belum lama ini pemerintah telah mengeluarkan sebuah program BLT dimana program tersebut diberi kepada UKM dari pemerintah melalui Kementerian Koperasi dimana dana yang tersalurkan sebesar Rp 10,4 Triliun BLT UMKM atau biasa disebut dengan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) dimana dana tersebut diberikan sekitar 8,6 juta penerima bantuan.

Selain itu Bagi kamu yang ingin melakukan pengusulan ataupun belum melakukan pendaftaran terkait usulan bantuan Produktif Usaha Mikro alangkah baiknya untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu, agar dana bantuan dapat tersalurkan kepada anda.

Terkait dampak ekonomi yang terjadi di Negara Indonesia saat ini yang mengakibatkan perekonomian di Indonesia semakin menurun, bagi para pengusaha ataupun pelaku UMKM akan berpeluang mendapatkan bantuan BLT UMKM senilai Rp. 1,2 Juta rupiah dimana kamu segera mendaftarnya dan mengechecknya di situs eform masing-masing.

Cara Daftar UMKM Online 2021, Untuk Dapat BLT Rp1,2 Juta

Nah, sesuai dengan judul artikel kali ini disini saya admin Dunia Ilmu akan sedikit berbagi informasi tentang bagaimana cara melakukan pengajuan atau cara daftar UMKM untuk mendapatkan bantuan tersebut? Yuk intip beberapa informasi dibawah ini terkait cara melakukan pendaftarannya.

Cara Pengajuan Program BLT UMKM

Untuk cara pengajuan tersebut sudah dicantum dalam permenkop Nomor 2 Tahun 2021 Pasar 8 yang berbunyi setiap masyarakat yang ingin mendapatkan program BLT UMKM bisa mengusulkan diri ke dinas atau badan yang membidangi koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah di provinsi masing-masing. Beberapa data yang diminta untuk melakukan pengajuan, antara lain :

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nomor Kartu Keluarga (KK)
  3. Nama lengkap
  4. Alamat tempat tinggal
  5. Bidang usaha
  6. Nomor Telepon

Itulah beberapa data yang akan diminta apabila kamu ingin melakukan pengajuan ke dinas ataupun badan yang membidangi koperasi dan usaha mikro di provinsi masing-masing. Setelah kamu mengetahui beberapa data yang akan diminta, sebelum kamu lanjut untuk melakukan pengajuan alangkah baiknya untuk membaca terlebih dahulu beberapa syarat sebagai penerima BPUM sebelum melakukan pendaftaran.

Syarat – Syarat Penerima Program BPUM

Berikut ini adalah beberapa syarat – syarat yang harus kamu ketahui sebelum melakukan pendaftaran selaku penerima program BPUM, beberapa diantaranya sebagai berikut :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Memiliki usaha mikro dan dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan
  4. Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, pegawai BUMN dan BUMD
  5. Tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Setelah kamu mengetahui tentang cara pengajuan dan syarat – syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan pengajuan dan permintaan kamu diterima untuk melakukan pendaftaran dalam progam bantuan sosial pemerintah yaitu BLT UMKM. Tetapi sebelum memasuki tutorial cara daftarnya kamu pastinya harus mempunyai terlebih dahulu NIB dan Izin Usaha dan untuk tutorialnya kamu bisa search tentang tutorial tersebut melalui Google.

Lalu bagaimana sih tutorial untuk Cara Daftar UMKM Online, Dibawah ini akan saya rangkum sedikit terkait bagaimana cara melakukan claim untuk penerimaan dana bantuan BLT, untuk langkah-langkahnya kamu bisa mengikuti tutorial dibawah ini dengan seksama.

Cara Daftar UMKM Online

Seperti yang saya bilang sebelumnya KemenkopUK telah menyalurkan dana BPUM 2021 melalui bank-bank milik negara terutama pada bank BRI dan BNI. Kedua bank tersebut telah membuat sebuah halaman khusus untuk melakukan pengecheckan terkait status usaha mikro. Silahkan kamu check apakah anda lolos sebagai penyedia penerima BPUM 2021. Berikut ini adalah link eform untuk melakukan pengecheckan penerima BPUM, antara lain :

Link cek penerima BPUM BRI : eform.bri.co.id/bpum
Link cek penerima BPUM BNI : banpresbpum.id

  1. Silahkan kamu masuk ke salah satu link eform diatas.
  2. Masukan 16 digit kode Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan KTP kamu, apabila nama kamu dinyatakan lulus di salah satu dari 2 situs tersebut.
  3. Kemudian apabila kamu dinyatakan lulus, silahkan anda datangi kantor bank penyalur terdekat dengan membawa E-KTP dan Kartu Keluarga.
  4. Kemudian membawa fotocopy NIB/SKU (Nomor Induk Berusaha atau Surat Keterangan Usaha)
  5. Terakhir mengonfirmasi dan menandatangani Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM) dan ikuti arahan yang diberikan oleh pihak bank.

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sharing selaku admin Dunia Ilmu terkait artikel tentang bagaimana Cara Daftar UMKM Online dengan mudah di tahun 2021 saat ini yang bisa kamu ambil untuk menjadikan referensi apabila kamu memiliki kendala dalam melakukan pendaftaran UMKM Online 2021. Mungkin sekian dulu pembahasan singkat kali ini, lebih dan kurang saya mohon maaf sekian dan terima kasih.

5 Cara Memotong Rockwool Untuk Hidroponik Dengan Benar

Cara Memotong Rockwool – Salah satu hal yang tidak asing lagi bagi para penghobi media tanam hidroponik yaitu sebuah Rockwool yang berasal dari sebuah...
admin
1 min read

2 Cara Mencairkan Saldo Google Play Terbaru 2021

Cara Mencairkan Saldo Google Play – Apabila anda pengguna android pastinya tidak akan asing lagi dengan yang namanya Google Play Store adalah sebuh layanan...
admin
2 min read

5 Rekomendasi Saham Terbaik Untuk Pemula 2021

Seperti yang kita ketahui saat ini saham merupakan salah satu alternatif investasi masa kini yang dapat menguntungkan suatu pihak yang melakukan invest. Dalam dunia...
admin
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *