10 Rekomendasi Lampu LED Untuk Rumah yang Awet

10 Rekomendasi Lampu LED Untuk Rumah yang Awet
source :google.com

Tagihan listrik membengkak dan tidak bersahabat di dompet? Nah, salah satu cara yang bisa jadi solusinya adalah mengganti lampu pijar menjadi lampu LED di rumah.

Lampu LED (light emitting diode) adalah salah satu lampu yang bisa menerangi rumah, tetapi tidak membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Lampu model ini merupakan salah satu kemajuan teknologi terbaru dan paling menarik dalam industri pencahayaan.

Bentuk lampu LED pun lebih kecil daripada lampu biasa, serta memiliki warna penerangan yang beraneka ragam. Tentunya, lampu ini bisa menerangi seluruh ruangan di rumah kamu.

Selain itu, keuntungan memakai lampu LED adalah lebih tahan lama. Kamu pun bisa mendapatkan manfaat lainnya dari penggunaan lampu LED ini.

Apa Saja Keunggulan Lampu LED?

Kamu akan menemukan bahwa lampu LED merupakan solusi paling cerdas dan lebih hemat daya untuk penerangan. Nah, kali ini kami akan membahasnya satu per satu.

1. Efisiensi

Umumnya, lampu LED memiliki energi yang kuat. Selain itu, lampu ini menggunakan daya 90% lebih sedikit daripada bola lampu pijar.

Jika dibandingkan dengan lampu bohlam pijar, tentunya lampu LED akan jauh lebih murah, sehingga dapat menekan biaya listrik secara siginifikan.

2. Umur panjang

Lampu LED memiliki masa pakai hingga 60.000 jam. Tentunya ini berbanding terbalik dengan lampu pijar. Bahkan, jika memilih penerangan yang berkualitas lebih baik, maka kamu bisa menggunakan lampu LED lebih dari 7 tahun, meskipun dipakai setiap hari.

Selain itu, umumnya lampu LED bertahan sepuluh kali lebih lama dari lampu fluoresen kecil dan 133 kali lebih lama dari lampu pijar biasa. Jadinya, kamu pun tidak perlu terlalu sering mengganti lampu di rumah.

3. Punya Watt yang Lebih Rendah

Selain memiliki masa pakai yang panjang, keunggulan lainnya memilih lampu led untuk rumah adalah watt lampu yang lebih rendah denga cahaya lebih terang.

Ruppers, dapat membeli lampu mulai dari 3 watt, 5 watt, 12 watt hingga 24 watt, dengan garansi sampai 5 tahun.

4. Keamanan

Manfaat lampu LED lainnya adalah tidak menghasilkan panas, meski dinyalakan berjam-jam. Tentu, dari segi keamanan, lampu LED bisa mengurangi potensi bahaya seperti kebakaran.

5. Bisa Menjaga Lingkungan Hidup

Jenis lampu yang satu ini terbuat dari bahan yang tidak beracun. Berbeda dari lampu neon yang menggunakan merkuri yang dapat menimbulkan bahaya bagi lingkungan.

Selain itu, lampu LED juga merupakan produk yang dapat didaur ulang. Tentunya, lampu ini lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Lampu Bohlam Sesuai Kebutuhan

6. Punya Banyak Warna

Keunggulan lain dari lampu LED adalah punya pilihan warna yang beraneka ragam, mulai dari warm white, kuning, serta netral. Namun, pastikan kamu memilih warna lampu yang tepat dan sesuai dengan ruangan.

Misalnya, untuk ruang kerja, pastikan memilih warna cool light atau daylight, yang tidak merusak mata dan bikin silau. Selain itu, kamu memilih lampu LED yang memiiliki fitur eyecare.

Bagaimana Cara Memilih dan Membeli Lampu LED?

Masih bingung bagaimana memilih lampu yang tepat di rumah? Tenang, kami punya beberapa tips khusus buat kamu.

Pasang LED di Ruangan yang Paling Butuh Cahaya

Pertama-tama, kita harus mengetahui ruangan yang paling membutuhkan cahaya, seperti di dapur, ruang makan, dan ruang kerja. Nah, kamu bisa memasang lampu LED di ruangan tersebut.

Perhatikan Lumens

Lumen adalah satuan turunan atau ukuran jumlah total cahaya tampak yang dipancarkan oleh sumber per satuan waktu. Sederhananya lumen bisa digunakan sebagai tolok ukur kecerahan lampu.

Nah, pastikan kamu memilih lampu LED dengan lumens yang tepat, sesuai dengan ruangan. Misalnya, untuk ruang kerja berukuran 2×2 meter, biasanya membutuhkan lampu LED dengan lumens sebesar 1000.

Pilih Warna Lampu Sesuai Ruangan

Jika dahulu penerangan hanya ada cahaya putih, saat ini sudah banyak pilihan sekarang. Bohlam LED menawarkan berbagai warna, mulai dari kuning-putih yang lebih hangat, putih yang lebih putih, atau lampu warna natural yang lebih nyaman di mata.

Tipsnya, pilih warna lampu sesuai ruangan dan suasana yang ingin diperoleh. Misalnya, untuk area dapur, kamu bis amemilh lampu putih agar terlihat lebih terang. Sedangkan untuk ruang makan, kamu bisa menggunakan lampu warna natural agar lebih hangat.

Hitung Jumlah Lampu yang Dibutuhkan

Dengan menggunakan penerangan ini, kamu bisa menghematan biaya listrik. Belum lagi, banyak produsen yang menjual dengan garansi lampu mulai dari 2 tahun sampai 5 tahun. Namun, pastikan kamu menghitung berapa jumlah lampu yang dibutuhkan.

10 Rekomendasi Merek Lampu LED Terbaik Di Rumah

Berikut adalah 10 rekomendasi pilihan terbaik dan pilih sesuaikan dengan kebutuhan maupun selera Ruppers

1. Apa Lampu Downlight
Jenis lampu yang cocok untuk hunian minimalis, atau ruangan yang memiliki kapasitas terbatas.

Pemasangan lampu downlight ini juga mudah, cukup menanamkannya pada bagian langit-langit rumah kamu untuk memberikan cahaya penerangan yang tepat pada ruangan.

2. Krisbow Bohlam LED

Salah satu bohlam yang mampu menghemat energi hingga 85%. Memiliki daya 4 Watt namun pencahayaan yang setara dengan 40 watt.

Keunggulan lainnya dari lampu led rumah ini adalah terbuat dari bahan material yang ramah lingkungan.

3. Krisbow Lampu Downlight Led Square

Hadir dalam bentuk yang unik dan memberikan cahaya yang cukup untuk membantu Anda beraktivitas sepanjang hari.

Lampu sorot downlight ini menjadi pilihan sempurna untuk aneka kebutuhan rumah tangga, kantor, dan komersial. Dengan daya 6 watt, lampu ini memiliki tingkat pencahayaan 3000K. Kamu bisa memilih warna lampu warm white atau putih kekuningan.

4. Apa Bohlam Led Tube Square

Bohlam lampu LED yang berkualitas tinggi dan menawarkan watt rendah, sehingga lebih efisien untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama.

Menghasilkan cahaya putih kekuningan yang optimal, tetapi tetap aman di mata. Kamu bisa memasangnya di ruangan sempit agar terlihat lebih luas.

5. Apa Bohlam Led

Lampu ini punya warna putih kebiruan atau warna cool daylight yang cocok untuk semua tipe hunian.

Cocok menjadi penerangan untuk aneka ruangan, seperti ruang tamu, ruang keluarga, maupun teras rumah. Kelebihan lainnya mampu menghasilkan cahaya berukuran besar, tetapi tetap lembut di mata.

6. Eglo Margitta Lampu Langit-Langit Led

Bukan hanya menjadi sumber cahaya di ruangan, tetapi juga menjadi dekorasi yang cantik untuk ruangan. Dengan Eglo Lampu Plafon, akan mendapatkan kesan modern nan elegan.

Cocok sebagai pencahayaan berbagai lokasi ruangan seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan.

7. Eglare Lampu Downlight Led

Lampu ini bisa memberikan pencahayaan ruangan, serta menambah estetika. Hadir dalam kap berbentuk lingkaran, sehingga cantik sebagai dekorasi pada plafon.

Kamu bisa memilih lampu ini dengan daya 12W dan menghasilkan tempertaur warna 3000 atau 4000 kelvin.

8. Krisbow Lampu Langit-Langit Led Cool

Dengan konsumsi daya 40 watt, lampu ini memiliki kekuatan cahaya 3200 lumen berwarna putih kebiruan. Hadir dengan gaya trendi sehingga dapat berfungsi sebagai dekorasi, sekaligus penerangan pada plafon ruangan.

9. Eglo Capasso Lampu Langit-Langit

Eglo Capasso Lampu Langit-Langit hadir dengan desain modern yang unik dan manis, sehingga mampu memberikan keindahan pada area dalam ruang, seperti ruang makan, mini pantry atau kamar tidur.

Tidak terbatas pada hunian pribadi, lampu ini hadir dengan warna kuning dan daya yang rendah.

10. Krisbow Bohlam Led Filamen Globe Glass

Bohlam LED filamen merupakan bohlam hemat energi yang menggunakan teknologi LED terbaru, dengan tampilan tetap klasik menyerupai filamen. Bohlam ini mengkonsumsi daya 6 Watt dan dapat menghasilkan intensitas cahaya sebesar 350 lumens.

Untuk penerangan yang maksimal, kamu bisa menambahkan lampu filamen ini pada dinding atau sebagai lampu plafon untuk meningkatkan ambience ruangan.

Nah, itu dia pembahasan kita seputar lampu led rumah kali ini yang sekiranya bisa membantu Anda untuk membelinya.

terimakasih.

sumber: ruparupa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.